Home » » Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah

Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah

Posted by Rhama De Nature
Dokter Spesialis Kulit, Updated at: Maret 05, 2017

Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah

Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah - Sebelum kita mengetahui Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah yang disarankan dokter kulit, alangkah baiknya kita tahu terlebih dulu yang dinamakan gatal itu sendiri. Setelah kita tahu definisi gatal, barulah kita bisa mengetahui penyebab gatal itu sendiri, apabila penyebab gatalnya kita tahu, barulah kita bisa mendiagnosis dan menentukan obat yang tepat, entah itu dari obat gatal dari tanaman herbal atau yang direkomendasikan oleh dokter

Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah. Penyakit gatal selain mengganggu seseorang yang mengalaminya. Hal tersebut tentu juga memberikan dampak yang sangat tidak nyaman,serta sangat mengganggu aktivitasnya. Apa lagi bagi orang yang sangat mudah mengeluarkan keringat. Atau orang yang banyak melakukan aktivitasnya di luar ruangan serta terpapar langsung oleh sinar matahari. Maka gatal gatal akan terasa sangat menyiksa bahkan terkadang terasa perih.

Alergi yang menyebabkan gatal menjadi salah satu kejadian yang sangat umum. Semua usia bahkan hingga bayi bisa mengalami reaksi gatal karena alergi. Ketika kulit Anda merasa gatal disertai dengan bercak atau ruam merah, maka hal ini menandakan tubuh Anda mengirimkan sinyal ada zat asing yang bersentuhan dengan kulit. Namun alergi gatal sering tidak dianggap membahayakan karena lebih mudah ditangani. Kecuali jika reaksi gatal sudah menyebabkan beberapa masalah seperti disertai dengan sakit kepala, hidung meler atau gejala sinusitis, batuk dan pingsan.

Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah

Setiap orang yang mengalami gatal pasti merasa tidak nyaman, mengganggu aktifitas sehari-hari bahkan tidak bisa tidur karena gatal. Oleh karena  itu banyak yang mencari tahu cara menghilangkan gatal dan membutuhkan obat gatal yang paling ampuh. Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah

Obat gatal akan bekerja efektif apabila disesuaikan dengan penyebab gatal itu sendiri. Pada artikel sebelumnya telah kita pelajari berbagai penyebab gatal pada kulit, sebaiknya Anda baca terlebih dahulu sebelum  lebih lanjut kita membahas tentang obat gatal. Setelah penyebabnya teridentifikasi, maka inilah perawatan dan obat gatal yang bisa Anda pilih: 

Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah

  • Krim kortikosteroid
Obat gatal ini cara pemakaiannya dioleskan pada kulit. Krim kortikosteroid ini berfungsi sebagai anti peradangan dan anti alergi sehingga dapat menghilangkan gatal. Tentunya krim obat gatal ini digunakan pada kasus-kasus gatal pada daerah kulit tertentu bukan pada kasus gatal seluruh tubuh.

Oleskan pada kulit yang terlibat 3-4 kali sehari. Penggunaan obat gatal ini sebaik atas petunjuk dokter mengingat pada kasus-kasus kulit gatal tertentu tidak boleh menggunakan obat ini, seperti kulit gatal akibat jamur contohnya panu. Jika penyebab gatal adalah jamur dan menggunakan obat ini bukannya sembuh malah akan menjadi parah.

  • Kortikosteroid Oral
Obat gatal kortikosteroid oral (minum) pada prinsipnya memiliki kerja yang sama dengan krim kortikosteroid seperti telah saya sebutkan diatas yakni sebagai anti radang dan anti alergi, perbedaan penggunaannya tergantung dari luas tidaknya gatal kulit yang terlibat. Sebagai contoh jika kulit gatal sangat luas hampir seluruh tubuh akibat alergi makanan maka kortikosteroid oral lah pilihannya. kalau pakai krim mau habis berapa banyak coba, dan ribet pula. Sesuai juga dengan logika sederhana bukan! :D

Ingat!! Penggunaan kortikosteroid jangka panjang tidak diperkenankan tanpa pengawasan dokter! 

  • Antihistamin oral
Obat gatal Antihistamin ini adalah obat minum. Berfungsi untuk menghambat histamin yang merupakan zat kimia tubuh yang menyebabkan rasa gatal. Salah satu contoh obat gatal antihistmain yang populer di masyarakat yakni CTM. Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa efek samping dari obat ini adalah rasa kantuk, sehingga banyak yang menyalahgunakannya sebagai obat tidur.

Obat gatal ini memang tergolong masih efektif untuk menghilangkan gatal tapi harus diminum seperlunya dengan frekuensi minum 3-4 x kali sehari masing-masing 4mg. Namun demikian, masih banyak obat antihistamin lainnya yang lebih ampuh dari CTM bahkan yang tidak memiliki efek samping ngantuk seperti loratadine dan cetirizine.

Kombinasi antihistamin oral dan kortikosteroid merupakan kombinasi yang cukup ampuh untuk menghilangkan gatal.

  • Hydrocortisone (Krim)
Krim ini berfungsi untuk mengurangi atau menghilangkan rasa gatal, bengkak atau ruam merah karena alergi terhadap gigitan serangga, bahan kimia dan zat kimia asing. Krim ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan pada kulit dari bagian luar hingga ke dalam. Obat bisa menyebabkan alergi karena itu harus mendapatkan resep dari dokter sebelum penggunaan.

Larangan : tidak diperbolehkan untuk ibu hamil, ibu menyusui, konsumsi obat herbal, konsumsi suplemen makanan, alergi obat, TBC, campak, jerawat yang parah dan atrofi kulit (penipisan kulit)

Cara pemakaian :
  1. Bersihkan daerah kulit yang terkena alergi dengan kain basah yang lembut dan cuci tangan yang akan Anda gunakan untuk perawatan.
  2. Oleskan ke bagian kulit yang gatal terkena alergi dan gosok dengan lembut. Lalu cuci tangan Anda.
  3. Jangan menempelkan apapun pada media kulit yang sudah diberi krim.
  4. Berikan sesuai dengan dosis atau petunjuk dokter yang merawat.

Profil keamanan obat : tidak untuk luka terbuka, tidak untuk mata, tidak boleh tertelan, tidak untuk pemakaian jangka panjang (lebih dari 2 minggu), tidak untuk luka infeksi, dan tidak untuk luka bakar.

Efek samping : rasa panas pada kulit, iritasi ringan hingga berat dan reaksi gatal setelah pemberian (tetap beritahu dokter Anda jika reaksi efek samping sangat berat).

  • Protopic (Krim)
Krim Protopic adalah jenis obat yang akan membantu mengurangi sel yang membuat aktifitas kekebalan tubuh bekerja terlalu besar atau terlalu rendah. Reaksi ini biasanya akan menyebabkan rasa gatal seperti untuk penderita penyakit kulit eksim. Reaksi alergi yang parah juga bisa menyebabkan kondisi seperti ini. (baca juga: gejala dermatitis berdasarkan jenis dan cara mengatasinya)

Larangan : tidak untuk penderita alergi obat golongan tacrolimus, kanker kulit, cacar air, penyakit herpes, kelainan kulit genetik, orang yang terkena ciri ciri lupus ringan dan berat, gangguan ginjal, reaksi gatal pada kulit yang lebih luas dan penderita penyakit yang tidak boleh terkena sinar matahari.

Cara pemakaian:
  1. Bersihkan area kulit yang akan diobati dan jari tangan yang akan digunakan untuk mengobati.
  2. Oleskan krim ke bagian kulit gatal atau alergi sesuai dengan dosis (perhatikan untuk dosis penggunaan khusus untuk anak dibawah usia 16 tahun).
  3. Hindari berenang, mandi atau berendam dalam air panas setelah menggunakan obat.
  4. Segera bersihkan area kulit yang diolesi krim kemudian gunakan pelembab kulit untuk mengatasi kulit kering.

Profil keamanan obat : jangan berjemur setelah menggunakan obat, area kulit tidak boleh terkena panas matahari secara langsung, dan gunakan sesuai dosis untuk meringankan efek samping. (baca juga: bahaya sinar matahari langsung bagi kulit – bahaya sinar matahari di siang hari bagi kesehatan dan kulit)

Efek samping : gatal-gatal, kulit mengeras pada area yang diobati, kulit kemerahan, sakit kepala, penyakit flu, sensitif terhadap udara panas atau dingin, bengkak pada tenggorokan, bengkak pada bagian kelenjar dan bahaya amandel bengkak.

  • Elidel (Pimecrolimus) – Krim
Elidel adalah salah satu krim yang bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika kulit terserang alergi termasuk gatal-gatal dan eksim. Obat ini termasuk sangat ringan sehingga tidak bisa digunakan untuk perawatan alergi yang sangat buruk. Penderita yang mengalami alergi terhadap bahan pimecrolimus sebaiknya tidak menggunakan obat ini.

Larangan : tidak boleh untuk penderita cacar, herpes, kanker kulit, sistem kekebalan tubuh yang lemah, gangguan ginjal, gangguan hati, sirosis hati,  dan reaksi alergi yang besar. (obat tidak boleh untuk wanita hamil dan menyusui serta anak-anak dibawah 2 tahun)

Cara pemakaian:
  1. Cuci tangan dan area kulit yang akan diobati.
  2. Oleskan krim pada area yang gatal hanya sesuai dosis.
  3. Hindari obat jangan sampai terkena mata, mulut, hidung, dubur dan luka terbuka.
  4. Jangan menutup luka dengan perban atau kain setelah diberi obat.
  5. Obat tidak boleh digunakan untuk jangka panjang (lebih dari 6 bulan). (baca juga: efek samping minum obat jangka panjang)
  6. Setelah pemakaian hindari kulit terkena sinar matahari secara langsung.

Efek samping: gatal-gatal, bengkak pada wajah, bibir, dan tenggorokan, sakit kepala, sakit perut (diare), nyeri sendi, dan tubuh tidak nyaman.


  • Cetirizine (Pil Antihistamin)
Adalah sebuah obat alergi berupa pil yang bisa mengurangi kadar histamin dalam tubuh. Ketika tubuh Anda memiliki histamin yang tinggi maka bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan menyebabkan reaksi alergi. Obat ini akan mengobati gatal karena beberapa reaksi termasuk alergi dingin, makanan, dan reaksi kimia.

Larangan : tidak  boleh mengendarai kendaraan setelah minum obat, tidak boleh mengkonsumsi minuman bersoda atau alkohol, dan penggunaan obat lain terutama obat yang mengandung zat penyebab tidur.

Cara pemakaian: minum obat sesuai dengan dosis atau anjuran dokter baik setelah atau sebelum makan.

Efek samping: gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada lidah dan tenggorokan, denyut jantung meningkat, gemetar, air seni lebih sedikit, sakit kepala, pusing, mulut kering, mual dan sembelit.

  • Loratadine (Pil)
Loratadine adalah sebuah pil untuk mengatasi alergi dengan cara mengurangi kadar histamin yang berlebihan. Obat ini bukan hanya untuk alergi gatal saja sebab bisa mengurangi reaksi alergi dengan gejala hidung meler, pilek dan gangguan kulit yang parah.

Larangan: tidak boleh untuk penderita penyakit asma, penyakit ginjal, penyakit hati, bayi kurang dari 2 tahun, ibu menyusui, dan ibu hamil.

Cara pemakaian: minum loratadine sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter atau yang tertera pada kemasan (obat biasanya hanya diminum 1 x dalam sehari).

Efek samping: gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada wajah dan kulit, bibir kering, sakit kepala, detak jantung meningkat, nyeri perut, mual, muntah, dan gangguan pendengaran.

  • Fluoxetine (Kapsul)

Ini termasuk jenis obat anti-depressan yang bisa menyebabkan reaksi santai dan mengantuk yang sangat besar. Obat alergi gatal ini biasanya diberikan oleh dokter jika penderita sudah mengalami gejala gangguan sulit tidur, panik dan gelisah.

Larangan: obat sangat rentan untuk penderita beberapa penyakit seperti gangguan hati, gangguan ginjal, diabetes, glaukoma, kejang, epilepsi. Obat tidak boleh untuk ibu menyusui, ibu hamil dan bayi.

Cara pemakaian: obat harus diminum tanpa dilarutkan atau dibuka kemasannya.

Efek samping : gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada wajah dan bibir, sakit tenggorokan, mudah marah, hiperaktif, gangguan penglihatan, diare, kehilangan keseimbangan, demam, insomnia, sakit perut, penurunan nafsu makan, lelah, dan reaksi sinusitis.


Cara Alami Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah

  • Mandi dengan Larutan Baking Soda
Jika Anda memiliki alergi gatal yang sangat parah hingga menyebar ke semua bagian tubuh, maka bisa mencoba menggunakan larutan baking soda. Anda cukup menambahkan satu cangkir atau tiga sendok  baking soda ke dalam air hangat di bak mandi. Aduk-aduk hingga uap baking soda keluar dari air selama beberapa menit. Setelah itu Anda bisa menggunakan air ini untuk berendam hingga rasa gatal berkurang. Baking soda akan membantu meringankan rasa gatal dan menyebabkan bengkak akibat gatal bisa hilang dari kulit Anda.

  • Campurkan Oat meal untuk Air Mandi
Jika Anda tidak memiliki baking soda, maka juga bisa menggunakan oatmeal. Ambil beberapa sendok oatmeal lalu campurkan dengan air hangat yang akan digunakan untuk mandi. Tunggu hingga beberapa saat ketika oatmeal sudah bercampur dengan air hangat lalu gunakan untuk mandi. Bahan oatmeal yang memiliki nutrisi vitamin E dan serat khusus pada kulitnya bisa membantu meringankan rasa gatal. Tapi cara ini tidak bisa digunakan untuk gatal yang menyebabkan infeksi atau luka terbuka.

  • Gunakan Masker Daun Kemangi
Anda juga bisa mengobati gatal karena alergi dengan menggunakan daun kemangi yang segar. Daun kemangi yang segar memiliki aroma yang sangat kuat serta mudah didapatkan. Daun kemangi mengandung sejumlah minyak esensial seperti eugenol yang bisa menenangkan rasa gatal dan membuat kulit menjadi lebih nyaman.

Anda bisa mencoba untuk merebus 100 gram daun kemangi dengan air mendidih. Saat merebus Anda harus membuat panci tetap tertutup untuk mencegah agar kandungan senyawa esensial eugenol tidak menguap ke udara. Setelah itu biarkan air ini menjadi dingin. Masukkan kain yang lembut ke dalam air kemangi lalu peras dan tempelkan pada kulit yang gatal. Lakukan sesering mungkin agar rasa gatal cepat sembuh.

  • Gosok dengan Gel Lidah Buaya
Lidah buaya telah lama digunakan untuk menyembuhkan berbagai reaksi gatal karena alergi. Awalnya banyak orang menggunakan gel lidah buaya untuk mengobati luka bakar, namun sekarang gatal alergi juga bisa sembuh dengan gel lidah buaya. Kandungan dalam gel lidah buaya seperti minyak alami, vitamin E dan flavonoid bisa membantu mengatasi gatal dengan cepat.

Caranya adalah dengan mengambil lidah buaya yang segar, lalu pisahkan kulit dan gelnya. Ambil gel lidah buaya lalu cuci selama beberapa kali untuk menghilangkan getahnya. Kemudian hancurkan dan gosokkan pada bagian kulit yang gatal

  • Berendam dengan Cuka Sari Apel
Cuka sari apel menjadi obat yang sangat aman untuk mengatasi gatal yang disebabkan karena alergi. Rasa gatal yang parah dan menyebar ke semua kulit tubuh bisa diobati dengan cara yang aman. Anda hanya perlu mengambil beberapa sendok cuka sari apel kemudian campurkan dengan air yang akan digunakan untuk mandi. Anda bisa menggunakan air hangat atau air biasa, namun air hangat lebih disarankan. Gunakan air ini untuk mandi atau berendam selama beberapa saat. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut. Jika area alergi sangat kecil Anda bisa menggunakan kapas yang dicelup ke air dan cuka sari apel, kemudian gosokkan dengan lembut.

  • Kompres dengan Teh Daun Mint
Daun mint juga bisa menjadi obat alergi gatal alami yang sangat ampuh. Menurut sebuah penelitian daun mint mengandung bahan alami seperti asam rosmarinic yang bisa menyerang peradangan dan menenangkan reaksi kulit yang berlebihan. Anda bisa membuat satu gelas air mendidih yang kemudian diberi dengan daun mint segar. Biarkan selama beberapa saat kemudian ambil airnya. Gunakan handuk atau kain yang lembut untuk mengambil air tersebut dan letakkan pada bagian yang gatal untuk mengompres. Lakukan cara ini selama beberapa kali hingga bengkak atau rasa gatal berkurang.

  • Kompres dengan Air Lemon
Air lemon telah dipercaya memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengobati alergi gatal yang sangat buruk. Kandungan vitamin C dalam air lemon bisa membantu mengatasi gatal karena menyerang peradangan. Selain itu air lemon juga mengandung asam sitrat, asam asetat, bahan pencegah iritasi dan bahan untuk membersihkan kuman. Anda cukup memeras air dari jeruk lemon kemudian ambil dengan kapas, dan oleskan pada bagian kulit yang gatal. Namun cara ini hanya untuk daerah gatal yang ringan dan tidak terlalu luas. Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya bisa membantu dari dalam tubuh.

  • Kompres dengan Es Batu
Rasa dingin bisa membantu mengurai rasa gatal berlebihan pada kulit. Hal ini juga bisa Anda lakukan jika terkena alergi yang sangat buruk. Anda bisa mencoba untuk mengambil es batu kemudian bungkus dengan kain handuk atau kain yang lembut. Setelah itu tempelkan pada bagian kulit yang gatal. Rasa dingin bisa membantu syaraf dibawah kulit menjadi lebih tenang dan mengurangi rasa gatal yang berlebihan. Jika Anda merasa cara ini cukup sulit, maka Anda bisa mencoba untuk mandi dengan air dingin.

  • Kompres dengan Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh bisa membantu mengobati rasa gatal menjadi lebih nyaman dan bisa membuat Anda merasa lebih santai. Minyak cengkeh mengandung bahan anti-inflamasi yang bisa mengurangi rasa gatal dan menjadi lebih nyaman. Selain itu minyak cengkeh sangat alami karena tidak menyebabkan reaksi seperti panas dan kulit kering. Anda bisa mencoba untuk mengambil minyak cengkeh yang dilarutkan dengan sedikit air. Kemudian gunakan kapas kecil untuk mengambil campuran minyak tersebut. Setelah itu kompreskan pada bagian yang gatal. Minyak cengkeh juga bisa menjadi cara mengobati gusi bengkak dengan cepat secara alami  dan cara mengobati sakit gigi berlubang besar secara alami dan cepat.

  • Gunakan Peppermint Oil (Minyak Peppermint)
Salah satu minyak organik yang bisa membantu mengurangi rasa gatal karena alergi adalah bahan minyak peppermint. Minyak yang dihasilkan oleh bahan daun mint ini sudah mengalami penyulingan dengan cara yang sangat alami. Minyak ini mengandung bahan esensial yang bisa mengatasi rasa tidak nyaman karena alergi, mencegah peradangan, membersihkan kuman dan bersifat meredam rasa nyeri. Karena itu bahan minyak ini penting untuk menenangkan alergi gatal yang sangat buruk. Anda bisa mencoba dengan menambahkan satu atau dua tetes minyak peppermint ke dalam air hangat, kemudian gunakan kapas atau handuk lembut untuk mengambil airnya. Kompres bagian yang gatal selama beberapa saat dan lakukan terus menerus hingga sembuh.

  • Gosok dengan Minyak Zaitun
Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi rasa gatal akibat alergi. Anda bisa mencoba untuk menggunakan minyak zaitun dengan cara yang sangat mudah. Pertama Anda hanya perlu mandi atau membasuh badan dengan air hangat. Kemudian ambil handuk hangat yang sudah dibasuh dengan air dan tambahkan minyak zaitun. Setelah itu gosok lembut hingga bagian kulit menjadi sangat lembut. Selain menghilangkan gatal cara ini juga bisa membantu membuat kulit menjadi sangat lembut.

Selain upaya pengobatan, beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengatasi dan menghilangkan gatal-gatal pada kulit adalah :
  • Jika gejala gatal timbul hindari menggaruk pada bagian kulit terasa gatal untuk mencegah terjadi kerusakan pada kulit.
  • Gunakan pelembab atau minyak untuk melindungi kulit dari kerusakan lebih parah.

SEMUA PENYAKIT PASTI ADA OBATNYA !

OBATI SEKARANG GATAL ANDA DENGAN OBAT HERBAL KAMI  !!!

Call/Sms 082221132221 / 087719707073
WhatsApp 085743333181

Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah  dengan Obat Herbal De Nature

Lakukan segera pengobatan sekarang juga..!!! Anda tidak usah khawatir akan adanya gatal yang sekarang masih menempel ditubuh anda karena kami De Nature indonesia telah memiliki Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah yang sangat efektif dan merupakan obat yang ampuh mengobati gatal di sekitar tubuh anda ini. Obat kami pun tergolong obat yang aman karena obat kami berbahan herbal alami resep tradisional dan telah terdaftar di BPOM dan Dinkes jadi tidak usah khawatir akan keadaan obat kami. Selain itu di dalam pembuatannya pun di dampingi oleh tenaga ahli yang handal dan herbalis berpengalaman. Berikhtiarlah menggunakan obat kami, Insyaalloh penyakit yang anda derita akan kunjung sembuh.

Kami DE NATURE INDONESIA

Membantu Anda Mendapatkan Obat Herbal  Untuk Penyakit Gatal Eksim, Gatal selangkangan, Paha, Herpes,  Gatal Panu dan Gatal Lainnya

Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah

OBATI SEKARANG JUGA !!! 

Ampuh Tanpa Efek Samping 3-5 hari Sudah Mulai Sembuh

Obat Bermutu Tinggi Hanya De Nature
Hanya 295.000,- (belum termasuk ongkir)

Khasiat: Obat Herbal de Nature Indonesia

Mengobati gatal-gatal pada kulit, eksim, bisul, kudis, kurap, gatal akibat alergi dan jamur pada kulit.dan gatal jenis lainya.

Untuk kapsul bersih darah, fungsinya untuk membersihkan darah kotor dari dalam. sehingga Kuman atau bakteri yang di sebabkan oleh eksim, kurap, maupun penyakit kulit yang lain bisa terbuang atau dibersihkan dari dalam tubuh kita. Dan untuk salepnya adalah obat luar yang berfunsi untuk menyembuhkan atau mengeringkan penyakit kulit yang anda alami. Dengan perpaudan pengobatan dari luar dan dalam, Insya Allah penyakit anda akan sembuh secara maksimal.

 

*INFORMASI SELENGKAPNYA*

  • Jika anda masih kurang jelas silahkan kontak kami langsung via Tlp/Sms 082221132221/087719707073
  • Barang DIJAMIN sampai ke rumah anda. Hubungi kami apabila menginginkan bukti nomor (resi) pengiriman. No.resi pengiriman saya smskan. Cek resi pengiriman di www.jne.co.id atau di Tiki www.tiki-online.com
  • Jika anda sudah mengerti cara transaksinya, silahkan sms kami. Tapi jika anda tidak percaya dan takut ditipu mohon jangan sms/tlp. Insya alloh kami bisa membantu.

 

 

KEPUASAN PELANGGAN ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI

Costemer Servis De Nature Indonesia

“ Melayani Sepenuh Hati “

obat gatal

Konsultasikan dan Pemesanan Silahkan Hubungi Kontak Kami

Call/Sms 082221132221 / 087719707073
WhatsApp 085743333181

Demikianlah beberapa Cara Mengatasi Alergi Kulit Bintik Merah sebagai referensi/informasi untuk anda. Sebelum anda menggunakan dan mengkonsumsi obat-obatan kimia, cobalah untuk memanfaatkan bahan tradisional untuk mengatasi pertumbuhan jamur dan menghilangkan rasa gatal.

Terimakasih telah membaca artikel ini terkait tentang obat bintik merah gatal pada kulit, obat gatal bintik merah seluruh tubuh, obat tradisional gatal bintik merah, bercak merah pada kulit kaki tanpa gatal, bintik merah pada kulit dan terasa gatal, bintik merah di paha tapi tidak gatal, bintik merah gatal menyebar, bintik merah pada kaki dan paha, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !!

Share This Post :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Dokter Spesialis Kulit. De Nature Indonesia