Home » » Penyebab dan Pengobatan Eksim Basah

Penyebab dan Pengobatan Eksim Basah

Posted by Rhama De Nature
Dokter Spesialis Kulit, Updated at: September 02, 2017

Penyebab dan Pengobatan Eksim Basah

Penyebab dan Pengobatan Eksim Basah - Solusi bagi anda yang mengalami penyakit gatal kulit eksim yang membandel. Pengobatan yang telah terbukti ampuh dan digunakan oleh ribuan orang. Mampu mengobati eksim basah dengan cepat dan menghilangkan eksim kering yang menghitam dengan cepat dan tanpa kambuh lagi. Pengobatan herbal De Nature, mengobati dengan cepat dan aman bagi tubuh kita.

Layanan Konsultasi
082266660543 / 085777773543

Gatal gatal pada kulit atau dalam istilah medis disebut dengan pruritus merupakan kondisi medis yang sangat umum yang dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari kondisi yang ringan hingga kondisi yang berat. Gatal pada kulit ini dapat dirasakan pada area tertentu saja atau pada seluruh tubuh. Kemerahan pada kulit atau ruam merupakan gejala penyerta yang paling sering mengiringi rasa gatal ini.

Penyebab dan Pengobatan Eksim BasahKita akan memerlukan Penyebab dan Pengobatan Eksim Basah, jika penyakit eksim kering sudah melanda kulit kita. Sebab penyakit eksim kering akan menyerang bagian di kulit kita dimanapun letaknya. Jika eksim terletak di kaki maka rasa gatal serta panas akan terasa di kaki. Apalagi kaki merupakan bagian tubuh yang pertama kali terkena kotoran apabila sedang berjalan.

Sangat perlu untuk memahami apa sebenarnya arti penyakit kulit eksim, karena sering saya mendengar istilah ini bahkan banyak yang mencari obat eksim kering, eksim basah dan tak sedikit pula yang menawarkan obat tersebut padahal belum tentu tahu maksudnya.

Di Indonesia, banyak sekali istilah-istilah yang digunakan oleh masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan, terkadang agak sulit untuk mencari padanan kata yang sesuai dengan ilmu kedokteran, termasuk istilah Eksim.

Jika disebutkan kata eksim, maka kata selanjutnya yang biasanya menyertai adalah basah dan kering, jadinya eksim kering, eksim basah. Apa sebenarnya arti istilah-istilah itu?

Eksim atau dalam bahasa medis “eczema” adalah istilah umum untuk setiap proses inflamasi atau peradangan pada kulit bagian luar, yang ditandai dengan kemerahan, gatal, penonjolan dan vesikel (gelembung cairan), berair, pengerasan kulit, penebalan dan perubahan warna (pigmentasi). Walau demikian, dalam dunia medis istilah eksim lebih sering digunakan untuk penyakit dermatitis atopik.

Dermatitis atopik adalah penyakit kulit kronis (jangka panjang) yang biasanya dimulai selama masa bayi dan berlanjut sampai ke masa kanak-kanak. Beberapa orang bisa sembuh sementara beberapa orang lainnya terus memilikinya sampai dewasa. Dermatitis artinya peradangan pada kulit, sedangkan kata “atopic” mengacu pada penyakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, atau istilah lainnya Alergi.

Atopic sendiri ada berbagai macam termasuk dermatitis atopik, asma dan biduran, dan biasanya ini merupakan kondisi yang diturunkan. Maka tak heran, masalah tersebut sering terjadi dalam keluarga, misalnya ibu punya asma anaknya bisa jadi asma juga atau dermatitis atopic, dan lainnya.


Penyebab Eksim Basah

Lagi lagi, agak sulit mencari istilah medis yang sesuai dengan istilah yang sering digunakan oleh masyarakat awam.

Namun dari bahasanya saja, maka kita dapat menerka bahwa eksim kering artinya peradangan pada kulit yang terjadi hanya berupa pengelupasan kulit (seperti bersisik), kulit kering dan tidak mengeluarkan cairan sehingga tampak kering. Sedangkan eksim basah artinya peradangan pada kulit mengeluarkan cairan sehingga kondisinya selalu basah.

Adapun macam-macam eksim yang dikenal dalam dunia kedokteran dan nantinya akan berbeda dalam hal pengobatan atau penatalaksanannya adalah sebagai berikut:
  1. Dermatitis Kontak Alergi – reaksi peradangan pada kulit yang terjadi setelah kulit bersentuhan dengan benda atau zat tertentu yang menyebabkan alergi (alergen) walaupun hanya sedikit. 
  2. Dermatitis Kontak Iritan – reaksi peradangan pada kulit yang terjadi setelah kulit bersentuhan dengan benda atau zat tertentu yang menyebabkan iritasi (iritan) dalam jumlah atau kadar tertentu. 
  3. Eksim Dyshidriotic – iritasi kulit pada telapak tangan dan telapak kaki, yang ditandai dengan lepuhan 
  4. Neurodermatitis – kulit gatal dan menjadi menebal kehitaman yang umum ditemukan pada kaki, leher, dan punggung tangan 
  5. Eksim Nummular – bentuknya melingkar seperti koin kulit teriritasi, gatal bersisik. 
  6. Eksim Seboroik – kulit berminyak, bercak bersisik kekuningan, biasanya pada kulit kepala dan wajah 
  7. Dermatitis Stasis – iritasi kulit pada kaki bagian bawah, biasanya terkait dengan masalah peredaran darah. 
  8. Infeksi jamur – identik dengan berbagai jenis eksim, tetapi jamur dapat dipastikan dengan pemeriksaan mikroskop. Contohnya Kurap
  9. Kudis – Ini disebabkan oleh infestasi oleh tungau scabies yang dapat menghasilkan ruam yang sangat mirip dengan bentuk lain dari eksim.

Pengobatan Eksim Basah

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala-gejala eksim, antara lain:
  1. Menghindari potensi pemicu yang membuat gejala eksim lebih buruk, misalnya benda tertentu yang digunakan, makanan atau minuman tertentu.
  2. Mandi air hangat. Gunakan sabun sedikit saja, dan gunakan yang lembut.
  3. Gunakan pelembab hypoallergenic segera setelah mandi.
  4. Kelola stress, karena ada tipe eksim tertentu yang erat kaitannya dengan stress, contohnya Neurodermatitis.
Jika itu saja tidak cukup, maka dokter akan meresepkan satu atau beberapa Obat Eksim Basah berikut, tak peduli apakah eksim kering atau basah:
  • Krim atau salep kortikosteroid. Ini adalah jenis obat anti-inflamasi yang dapat meringankan gejala utama eksim, seperti peradangan kulit dan gatal-gatal. Jika tidak efektif, kortikosteroid sistemik dapat diresepkan. Ini baik disuntikkan atau diminum, dan hanya digunakan untuk jangka waktu yang singkat.
  • Antibiotik sesuai indikasi.
  • Obat untuk mengobati infeksi jamur, virus dan parasit sesuai indikasi.
  • Antihistamin yang menyebabkan kantuk sering direkomendasikan, karena ini dapat membantu mengurangi risiko menggaruk di malam hari.
  • Inhibitor kalsineurin topikal (sejenis obat yang menekan aktivitas sistem kekebalan tubuh) menurunkan peradangan dan membantu mencegah kekambuhan.
  • Pelembab yang mengurangi kehilangan air dan bekerja untuk memperbaiki kulit.

Eksim sendiri pada umumnya bisa menyerang bagian tubuh mana saja meski memang paling sering adalah kaki dan tangan. Bagian kepala, wajah, dan paha pun juga ada pada beberapa kasus. Adakah Obat Eksim Tradisional Alami Herbal yang ampuh ketimbang obat medis? Di bawah ini beberapa rekomendasi obat exim paling ampuh dengan cepat yang patut Anda lihat dan pertimbangkan.
 
Obat Penyakit Eksim Tradisional Alami Herbal

1. Kangkung

Sediakan kangkung yang kondisinya segar beberapa saja sesuai kebutuhan Anda, lalu cuci bersih lebih dulu sebelum kemudian Anda rebus kira-kira 15 menit. Air rebusan itulah yang bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan air pembasuh kulit yang terkena eksim.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan sehingga pengobatan pun dapat Anda lakukan serutin mungkin sampai eksim hilang.

2. Bengkoang dan Belerang

Untuk mengobati eksim secara tradisional, ada juga bahan-bahan alami seperti belerang dan bengkoang yang bisa dimanfaatkan pada waktu yang sama. Anda cukup menyiapkan biji bengkoang 4 sendok makan bersama dengan tepung belerang 3 sendok makan ditambah minyak kelapa 2 sendok makan.

Setelah ketiga bahan siap, tumbuklah lebih dulu biji bengkoang serta tepung belerang dan setelah halus, Anda bisa menambahkan minyak kelapa. Aduk-aduklah sampai merata dan sesudah itu Anda oles ke kulit yang terserang eksim. Untuk hasil maksimal, pengobatan ini sebaiknya dilakukan sehari 2 kali secara rutin.

3. Biji Bungur

Bila Anda cukup familiar dengan biji bungur, bahan ini bisa Anda dapatkan untuk diramu menjadi obat oles atau obat gosok pada eksim Anda. Caranya cukup dengan menyediakan biji bungur sebanyak ½ genggam saja bersama dengan daun ketepeng 3 lembar serta kunyit 1 rimpang ditambah minyak kelapa 2 sendok makan.

Sangrai lebih dulu biji bungur barulah lanjutkan dengan menumbuk seluruh bahan. Sambil meremas-remasnya Anda bisa menuangkan minyak kelapa secukupnya supaya bisa membentuk adonan pasta. Ramuan yang sudah jadi dapat langsung diterapkan ke kulit yang bereksim dan balutlah dengan kain kasa; melakukannya sehari 2 kali setiap hari akan sangat efektif.

4. Biji Mahoni

Sediakan serbuk biji mahoninya saja sebanyak ½ sendok makan bersama dengan madu secukupnya. Lanjutkan dengan menyeduh serbuk tersebut di dalam air panas sebanyak ½ cangkir saja. Rasanya belumlah sempurna, maka silakan Anda tambahkan madu secukupnya saja sebagai pemanis tambahan yang alami.

Obat ini bukan untuk dioles atau dibasuhkan ke luka eksim, melainkan Anda perlu meminumnya supaya ramuan bekerja dari dalam untuk menyembuhkan eksim. Sesudah ramuan jadi, minumlah selama kondisinya masih hangat dan dalam sehari minumlah 3 kali. Agar cepat membaik dan eksim cepat hilang sebaiknya minum dengan teratur setiap hari tanpa bolong.

5. Daun Ketepeng

Sediakan daun ketepeng yang dipercaya pula mampu menjadikan eksim jauh lebih baik dan menghilang dengan cepat. Bersama dengan daun tersebut, siapkan pula kunyit sepotong dan daun asam muda secukupnya.

Seluruh bahan perlu Anda cuci lebih dulu barulah Anda tumbuk bersama-sama. Selesai menumbuk, Anda dapat menerapkannya ke kulit yang bereksim; apapun penyebab eksim, lakukanlah secara rutin sehari paling tidak 2 kali sampai sembuh.

6. Daun Bayam

Selain daun ketepeng, ada juga daun bayam yang juga dikenal sangat efektif dalam menyembuhkan penyakit eksim. Karena mudah didapat, silakan menyiapkannya dan mencucinya lebih dulu sampai bersih sebelum kemudian Anda lanjutkan dengan merebusnya sampai mendidih. Saringlah setelah diangkat dan airnya Anda gunakan sebagai pengompres kulit bereksim paling tidak ½ jam lamanya.

7. Daun Kecubung

Untuk mengobati eksim, Anda juga bisa mengandalkan daun kecubung sebagai obat oles. Cukup dengan mengambil 3 lembar saja lalu dicuci bersih, Anda bisa langsung menumbuknya sampai benar-benar lembut dan lumat. Jangan lupa untuk menyiapkan minyak kelapa juga sesuai kebutuhan Anda.

Setelah daun kecubung lumat, hasil lumatan dapat dicampur dengan minyak kelapa yang kemudian Anda aduk supaya teksturnya menyerupai pasta. Panaskan ramuan dan oles ke bagian yang terkena eksim sewaktu ramuan masih dalam keadaan hangat. Lakukan secara rutin setiap hari di mana seharinya obat ini digunakan 2 kali.

8. Daun Meniran

Sebelum mencoba salep untuk eksim, Anda bisa mencoba obat alami terlebih dulu karena dijamin jauh lebih aman dan tanpa adanya efek samping. Daun meniran adalah bahan selanjutnya yang paling direkomendasikan dan Anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan saja untuk dijadikan obat.

Namun ada juga tambahan lainnya seperti temulawak 1 rimpang yang bisa Anda rajang, daun remujung 15 lembar, beserta air secukupnya. Seluruh bahan bisa Anda cuci dengan baik, barulah Anda rebus. Setelah menunggu dingin, Anda masukkan gula batu sebagai pemanisnya. Bukan sebagai obat oles, obat ini perlu diminum rutin karena akan menyembuhkan eksim dari dalam.

9. Daun Asam Jawa dan Kunyit

Bahan tradisional lainnya yang bisa Anda coba dan dipastikan mujarab adalah kombinasi antara kunyit serta asam jawa. Siapkan kunyit sebanyak 2 rimpang saja beserta daun asam jawa segenggam. Keduanya perlu Anda cuci bersih dulu sebelum menumbuk sampai halus. Setelah itu barulah Anda bisa terapkan pada kulit yang terkena eksim.

10. Temulawak dan Daun Sambiloto

Satu lagi kombinasi bahan tradisional untuk Anda jadikan obat manjur bagi eksim, yakni daun sambiloto dan temulawak. Selain mampu mengatasi penyakit asam lambung, temulawak pun mampu mengobati penyakit eksim di mana Anda hanya perlu menyiapkan 5 rimpang saja.

Tak lupa juga sediakan daun sambiloto sebanyak 1 genggam bersama dengan ngokilo 7 lembar serta asam 10 gram. Kupas lebih dulu temulawak yang sudah disiapkan, lalu irislah secara tipis-tipis.

Seluruh bahan kemudian bisa dicampur menjadi satu sebelum merebusnya ke dalam 2 gelas air sampai akhirnya mendidih dan tersisa 1 gelas. Saringlah setelah dingin dan minum selama 5 hari supaya eksim cepat sembuh.

11. Kapur Sirih dan Wortel

Kedua bahan tradisional ini begitu mudah didapat di sekitar kita dan rupanya bahan-bahan ini sungguh bisa menyelamatkan Anda dari eksim. Cukup dengan menyiapkan kapur sirih 1 sendok makan beserta 1 buah wortel, Anda sudah siap meramu obat eksim kering maupun basah ini.

Wortel sebaiknya Anda cuci bersih lebih dulu sebelum memarutnya. Lalu, lanjutkan dengan mencampurkan kapur sirih pada parutan wortel. Aduk-aduklah hingga rata dan aplikasikanlah ramuan ke kulit yang terkena eksim secara merata. Siapkan pula kain perban atau kasa untuk membalut bagian yang sudah diobati.

12. Lidah Buaya

Sudah tak perlu ditanya lagi akan khasiat lidah buaya untuk kulit karena memang tanaman satu ini betul-betul ajaib dalam merawat serta menjaga kesehatan kulit. Biasanya, tanaman ini digunakan untuk melembabkan kulit atau menumbuhkan rambut, tapi untuk eksim pun juga sangat bagus karena adanya kandungan vitamin E tinggi.

Lendir atau gelnya adalah yang paling berperan dalam menyembuhkan eksim, jadi jangan ragu untuk mengambil daunnya dan membelahnya menjadi 2. Setelah terbelah, Anda bisa kupas untuk memperoleh gelnya.

Gel tersebut bisa dijadikan obat oles untuk eksim Anda dengan mengaplikasikannya secara merata pada area yang terserang eksim setiap hari dan serutin mungkin.

13. Daun Kayu Putih

Bila Anda mengalami eksim basah, daun kayu putih adalah obat alami yang bisa Anda andalkan juga. Seperti kita tahu, minyak kayu putih lebih sering digunakan untuk mengatasi kondisi masuk angin dan sakit perut, tapi bagian daunnya pun sangat luar biasa berkhasiat. Tumbuklah beberapa lembar daun kayu putih hingga lumat.

Karena ditumbuk, sari atau getahnya pasti langsung keluar, dengan begitu langsung saja dibalurkan ke area eksim pada kulit Anda. Tunggulah sampai mengering barulah Anda lepas dan bersihkan area yang sudah diobati. Setiap hari adalah waktu pengobatan paling baik supaya eksim cepat sembuh dan Anda pun bisa mendapatkan kesembuhan maksimal tanpa efek samping.

14. Bawang Putih

Selain menjadi penyedap masakan, bawang putih juga sangat bagus dalam menyembuhkan eksim. Meski bahaya bawang putih mentah tetap perlu Anda waspadai, bahan ini berkhasiat tinggi untuk menyembuhkan eksim kering. Cukup dengan menumbuknya, lalu oles langsung ke area kulit yang terkena eksim.

Sifatnya yang panas memang perlu Anda tahan sejenak, namun efeknya sangat baik untuk menghilangkan eksim secara efektif. Lama-kelamaan pasti akan hilang dengan pemakaian bawang putih secara teratur. Kulit pun bakal menjadi mulus serta lembut kembali bahkan tanpa adanya bekas luka.

15. Daun Sirih

Bagi Anda penderita eksim kering, daun sirih pun dapat dijadikan obat tradisional ampuh dengan menumbuk beberapa lembar daunnya saja. Setelah ditumbuk, balurkan langsung ke kulit yang terkena eksim supaya sari atau getahnya dapat teresap sempurna ke dalam kulit untuk proses penyembuhan.

Untuk merasakan sendiri efektivitas tingginya, silakan gunakan secara rutin setiap hari sampai eksim benar-benar hilang.

SEMUA PENYAKIT PASTI ADA OBATNYA !

OBATI GATAL ANDA DENGAN OBAT HERBAL KAMI  !!!

Penyebab dan Pengobatan Eksim Basah

LAYANAN KONSULTASI DAN PEMESANAN

082266660543 (Call/SMS)
085777773543 (WhatsApp)


Bagi anda yang ingin menghilangkan gatal bisa mencoba salep untuk eksim basah, sebab efek samping dari obat alami tidak ada meskipun proses penyembuhannya lumayan lama dibandingkan dengan obat kimia.


Pengobatan Eksim Basah De Nature

Lakukan segera pengobatan sekarang juga..!!! Anda tidak usah khawatir akan adanya gatal yang sekarang masih menempel ditubuh anda karena kami De Nature Indonesia telah memiliki obat eksim kering salep yang sangat efektif dan merupakan obat eksim kering menahun yang bagus mengobati eksim dengan cepat. 

Obat kami pun tergolong obat yang aman karena obat kami berbahan herbal alami resep tradisional dan telah terdaftar di BPOM dan Dinkes jadi tidak usah khawatir akan keadaan obat kami. Selain itu di dalam pembuatannya pun didampingi oleh tenaga ahli yang handal dan herbalis berpengalaman. Berikhtiarlah menggunakan obat kami, Insyaalloh penyakit yang anda derita akan kunjung sembuh.

 

Kami DE NATURE INDONESIA

Pengobatan Eksim Basah Tradisional Manjur
Penyebab dan Pengobatan Eksim Basah

Ampuh Menyembuhkan Gatal Dalam Waktu Singkat

Hanya Rp. 295.000,- (belum termasuk ongkir)



Khasiat: Obat Eksim Basah De Nature

Mengobati gatal-gatal pada kulit, eksim, bisul, kudis, kurap, gatal akibat alergi dan jamur pada kulit.dan gatal jenis lainya.

Untuk kapsul bersih darah, fungsinya untuk membersihkan darah kotor dari dalam. sehingga Kuman atau bakteri yang di sebabkan oleh eksim, kurap, maupun penyakit kulit yang lain bisa terbuang atau dibersihkan dari dalam tubuh kita. Dan untuk salepnya adalah obat luar yang berfunsi untuk menyembuhkan atau mengeringkan penyakit kulit yang anda alami. Dengan perpaduan pengobatan dari luar dan dalam, Insya Allah penyakit anda akan sembuh secara maksimal.

 

KEPUASAN PELANGGAN ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI

Costemer Servis De Nature Indonesia

“ Melayani Sepenuh Hati “

Obat Eksim Kering Terbaik di Apotik

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Eksim Kering dan Basah


Demikianlah beberapa Penyebab dan Pengobatan Eksim Basah sebagai referensi/informasi untuk anda. Sebelum anda menggunakan dan mengkonsumsi obat-obatan kimia, cobalah untuk memanfaatkan bahan tradisional untuk mengatasi pertumbuhan jamur dan menghilangkan rasa gatal.

Artikel terkait tentang penyakit kulit eksim pada kaki, obat eksim basah di apotik, eksim kering menahun, cara mengobati eksim dengan lidah buaya, cara mengobati eksim di kaki, gambar penyakit eksim, penyebab eksim basah dan cara mengobati, obat eksim basah resep dokter yang ada di apotik, apa obat untuk penyakit eksim basah dan eksim kering, semoga bermanfaat.

Segera Hubungi Kami
Penyebab dan Pengobatan Eksim Basah untuk Anda
082266660543 (Call/SMS)
085777773543 (WhatsApp)

Share This Post :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Dokter Spesialis Kulit. De Nature Indonesia