Home » » Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek

Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek

Posted by Rhama De Nature
Dokter Spesialis Kulit, Updated at: Oktober 01, 2017

Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek

Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek - Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab gatal pada kemaluan yaitu dari jamur kulit. Jika berbicara mengenai gatal di kemaluan wanita dan pria, kondisi ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan anda. Bahkan bukan hanya kenyamanan saja yang terganggu , melainkan aktifitas sehari hari anda pun bisa ikut terganggu.

Rasa gatal merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.  Terutama jika Anda mengalami gatal pada selangkangan, tentu akan terlihat tidak pantas jika Anda menggaruknya di tempat umum.

Jika ingin menghilangkan rasa gatal tanpa menggunakan obat gatal medis, ada sejumlah rekomendasi obat gatal tradisional sederhana dan ampuh yang bisa dicoba. Karena namanya adalah obat tradisional, maka sudah jelas lebih aman dengan risiko efek samping lebih kecil dan tak begitu berbahaya. Dibandingkan dengan obat kimia, penyembuhan oleh obat tradisional ini memang lebih lama, tapi jelas lebih aman.

Layanan Konsultasi
082221132221 / 085743333181


Rasa gatal bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Jika Anda mengalami gatal pada kemaluan atau pada alat kelamin, pasti akan terasa sangat mengganggu.

Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di ApotekSering kali gatal kemaluan disebabkan oleh iritasi yang akan sembuh dengan sendirinya jika penyebab dihilangkan, namun ada juga gatal pada kemaluan, baik gatal vagina atau gatal penis, yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Lalu apa sebenarnya yang dapat memicu kondisi ini?

Selain infeksi jamur, penyebab lain dari gatal pada kemaluan adalah iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada vagina wanita, infeksi kulup pada pria akibat kurang bersih, kudis dan infeksi bakteri seperti molluscum contagiosum.

Gatal pada penis adalah kondisi umum yang dapat terjadi akibat infeksi ringan yang dapat hilang dengan penanganan sendiri. Namun ada kalanya gatal juga menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual.

Gatal pada vagina dapat menjadi gejala infeksi atau penyakit berbahaya. Gatal yang dirasakan pada organ kewanitaan adalah kondisi yang umum terjadi pada anak-anak hingga dewasa dan cenderung tidak berbahaya. Namun jika situasi ini berlanjut hingga lebih dari beberapa hari atau disertai gejala lain, maka sebaiknya segera hubungi kami untuk penanganan lebih lanjut.

Bagi mereka yang aktif secara seksual, gatal pada selangkangan bisa terjadi akibat penyakit menular seksual seperti herpes genital, sifilis, infeksi kutu dan kutil. Baca juga : Pengobatan Gatal di Kemaluan Pria dan Wanita


Penyebab Gatal di Kemaluan Pria

Penanganan gatal pada penis dilakukan menurut penyebab terjadinya kondisi tersebut. Berikut ini beberapa penyebab umum timbulnya rasa gatal pada penis.

  • Infeksi jamur atau kandidiasis
Umumnya jamur tidak berbahaya dan dapat ditangani dengan cepat dengan pengobatan antijamur. Meski demikian, waspada kondisi ini mengarah pada penyakit menular seksual.

Infeksi ini umumnya berdampak kepada kepala penis dan disebut kandida balanitis. Jamur penyebab infeksi ini telah ada secara alami dalam tubuh dan tidak berbahaya pada kondisi tubuh sehat. Kondisi tertentu seperti diabetes membuat jamur dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Pada pengidap diabetes, infeksi berisiko untuk datang kembali, meski pengidap telah menjalani pengobatan.

Selain gatal, gejala lain yang menyertai infeksi ini antara lain pembengkakan penis, ruam kemerahan, keluarnya cairan kental dari balik kulup, dan bau yang tidak sedap. Selain itu pengidap infeksi ini bisa jadi mengalami nyeri saat melakukan hubungan seksual dan buang air kecil, serta kesulitan saat menarik kembali kulit kulup penis.

Selain pada penis, ruam dan gatal dapat terjadi pada ketiak, pangkal paha, sela-sela jari, serta area di antara penis dan anus. Risiko untuk mengalami infeksi akan meningkat pada orang-orang berikut ini.
  1. Orang yang sering mengenakan pakaian ketat, seperti celana pendek dari bahan lycra atau denim.
  2. Pengidap HIV, obesitas, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.
  3. Sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.
  4. Sedang mengonsumsi antibiotik yang membunuh bakteri baik yang biasanya menekan pertumbuhan kandida.
  5. Sedang mengonsumsi corticosteroid dalam bentuk oral ataupun oles.
  6. Berhubungan seksual dengan orang yang lebih dulu mengidap infeksi jamur.
  7. Mengalami luka pada membran lendir dalam mulut atau  sistem pencernaan.

  • Penyakit menular seksual (PMS)
Rasa gatal terkadang menjadi indikasi awal adanya PMS dengan gejala antara lain:
  1. Gonore: keluarnya cairan warna putih, kuning, atau hijau dari ujung penis, disertai rasa nyeri dan perih saat buang air kecil.
  2. Klamidia: gejalanya mirip dengan gonore, yaitu keluarnya cairan putih dari penis dan disertai rasa nyeri.
Selain gonore dan klamidia, sifilis dan herpes genital juga bisa menyebabkan gatal pada penis.
  • Penyebab lain:
  1. Iritasi karena urine, bahan kandungan dalam sabun mandi, atau akibat cairan penis bernama smegma.
  2. Infeksi bakteri seperti bakteri streptokokal.
  3. Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan planus lichen.
  4. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh.
  5. Adanya kutu pada rambut kemaluan.
  6. Kudis, yaitu kulit gatal akibat tungau kecil.
Selain faktor-faktor di atas, terkadang penyebab gatal juga tidak diketahui secara jelas.


Penyebab Gatal di Kemaluan Wanita

Gatal pada vagina dapat terjadi karena satu atau kombinasi beberapa penyebab. Diperlukan pemeriksaan oleh dokter untuk mendeteksi kondisi yang menyebabkan gatal. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang dapat terjadi.

Penggunaan bahan kimia: gatal dapat disebabkan iritasi vagina akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan.
  • Infeksi jamur/kandidiasis vagina: jamur yang tumbuh berlebihan pada vagina dan vulva. Infeksi ini lebih berisiko terjadi saat wanita sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan seksual, dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah. Selain gatal, jamur akan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental.
  • Vaginosis bakteri: keberadaan  bakteri-bakteri sehat pada vagina adalah hal yang normal. Namun bakteri jahat dapat menyebabkan infeksi dan rasa gatal. Selain gatal, umumnya vaginosis bakteri diiringi gejala seperti rasa perih, serta keluarnya cairan dan bau tidak sedap dari vagina.
  • Penyakit menular seksual (PMS): herpes, klamidia, trikomoniasis, dan gonore.
  • Menopause: turunnya produksi estrogen di akhir masa reproduksi wanita dapat menyebabkan dinding vagina menipis dan mengering, sehingga menyebabkan iritasi dan gatal. Selain pada lansia, kondisi ini dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui.
  • Lichen sklerosis: bercak putih pada kulit sekitar kemaluan. Kondisi yang jarang terjadi ini umumnya dialami wanita pascamenopause. Penyakit kulit lain seperti eksim juga dapat menyebabkan gatal.
  • Infeksi cacing kremi: lebih sering dialami oleh anak perempuan.
  • Pra-kanker: gatal juga dapat menjadi gejala kulit kemaluan yang mengalami prakanker.
  • Stres: meski jarang terjadi, namun kondisi emosional yang tidak stabil dapat menyebabkan sistem kekebalan menurun sehingga membuat tubuh lebih berisiko mengalami gatal dan iritasi.

Iritasi pada vagina umumnya dapat membaik dengan sendirinya. Jika tidak, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Langkah Menjaga Penis Selalu Sehat 

Jika gatal pada penis tidak kunjung hilang setelah berhari-hari, langkah terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis serta penanganan yang tepat.

Jika pengidap tidak memiliki faktor risiko dan sistem kekebalan tubuhnya tidak terganggu, jamur umumnya dapat ditangani dengan obat-obatan yang dijual bebas di apotek, seperti clotrimazole, ketoconazole, miconazole. Jika gatal terjadi lebih dari dua minggu, periksakan ke dokter. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit yang lebih serius.

Namun sebelum gatal mulai dirasakan, sebaiknya dilakukan tindakan pencegahan dengan menjaga kesehatan dan kebersihan penis dengan cara-cara berikut ini.
  1. Sehari sekali, cuci penis dengan air hangat dan sabun berbahan ringan tanpa aroma, terutama pada area kulup pria yang tidak atau belum disunat. Cuci juga bagian dasar penis, testikel, dan anus. Tetapi hindari terlalu sering mencuci penis karena justru dapat menyebabkan nyeri.
  2. Selalu keringkan penis setelah mandi atau buang air kecil. Organ kelamin pria yang lembap lebih berisiko mendatangkan infeksi.
  3. Kenakan bawahan dan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan terbuat dari serat alami.
  4. Ganti celana dalam setidaknya 24 jam sekali.
  5. Hindari terlalu lama mengenakan pakaian yang basah. Segera ganti pakaian begitu selesai berolahraga.
  6. Tidak masalah untuk berhubungan seksual tanpa pengaman dengan pasangan Anda, tapi gunakan kondom jika Anda berhubungan dengan orang-orang yang berbeda.
  7. Konsumsi banyak air minum tiap hari.
  8. Ganti popok bayi dan balita sesering mungkin.
  9. Hindari membubuhkan bedak atau deodoran pada penis, terutama balita. Serbuk bedak dapat tinggal di balik kulit kulup dan menyebabkan iritasi.

Gatal pada penis akibat infeksi dapat terulang kembali. Maka jika gatal pada penis ternyata adalah indikasi PMS, maka disarankan agar pengobatan dilakukan juga bersama pasangan. Sementara penanganan penis gatal pada pengidap diabetes yang dapat berulang  memerlukan penanganan khusus.


Menjaga agar Gatal Tidak Kembali dan Lekas Hilang pada Vagina

Ada cara untuk mencegah datangnya gatal-gatal di vagina atau menangani jika gejala ini muncul. Selain untuk wanita dewasa, cara ini juga bisa diajarkan pada anak-anak dan remaja putri.
  1. Hindari penggunaan tisu, pembalut, atau pantyliner beraroma, juga pembersih organ kewanitaan beraroma.
  2. Untuk membersihkan area kewanitaan, cukup gunakan air bersih dan sabun biasa. Hal ini cukup dilakukan sekali dalam sehari. Membersihkannya lebih dari sekali akan membuat vagina kering.
  3. Setelah buang air besar, bersihkan anus dari depan ke belakang, dan bukan sebaliknya.  Penggunaan tisu toilet setelah buang air kecil juga sebaiknya diusapkan dari arah vagina ke anus.
  4. Remaja dan wanita dewasa disarankan untuk mengganti pembalut sesering mungkin sesuai kebutuhan.
  5. Ganti celana dalam tiap hari. Celana dari bahan katun lebih sehat daripada bahan sintetis seperti nilon.
  6. Gunakan kondom saat berhubungan seksual untuk mencegah infeksi menular seksual.
  7. Hindari berhubungan seksual ketika vagina masih terasa gatal.
  8. Meski vagina terasa gatal, hindari untuk menggaruknya.
  9. Segera ganti pakaian olahraga, terutama baju renang, segera setelah selesai berolahraga.
  10. Sebisa mungkin minimalisasi penggunaan celana atau rok ketat.

Secara keseluruhan, gatal pada vagina umumnya dapat dicegah dengan menjaga kebersihan organ intim.

Bila kamu sudah menempuh semua langkah di atas dan kondisimu belum juga membaik setelah seminggu, tidak usah bingung dan khawatir lagi mencari solusi Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek.


Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek

Pengobatan keluhan gatal di kemaluan disesuaikan dengan penyebabnya. Obat gatal di selangkangan yang ringan tersedia dalam berbagi jenis, mulai dari obat salep, krim, atau bedak antijamur untuk tinea cruris yang dijual bebas di apotek atau toko obat terdekat. Obatnya yaitu miconazole, naftifine, clotrimazole, ketoconazole, atau oxiconazole.

Cara menggunakan salep atau krim antijamur pada ruam yaitu bersihkan dan keringkan kulit, oleskan obat pada lesi hingga 1-2 cm melebihi tepi lesi terutama pada lesi ruam yang terdapat lepuhan. Penggunaan obat kortikosteroid pada infeksi jamur kulit perlu dikonsultasikan dengan dokter.

Berbeda dengan pengobatan infeksi jamur di selangkangan, apabila gatal di selangkangan disebabkan oleh eksim pada lipatan kulit atau psoriasis inversa, maka obat salep yang diberikan adalah salep kortikosteroid. Hal ini karena kedua penyakit tersebut disebabkan oleh kondisi inflamasi sehingga menyebabkan keluhan pada kulit di selangkangan dan diobati dengan obat anti-inflamasi kortikosteroid. Jika terdapat tanda infeksi sekunder karena bakteri atau jamur, dokter dapat memberikan salep antibiotik atau antijamur sesuai penyebab.

Untuk membasmi kutu kemaluan yang menyebabkan gatal di selangkangan, dokter akan memberikan obat salep antikutu yang dioleskan di seluruh tubuh, terutama di daerah berambut dan dibiarkan semalaman atau sesuai anjuran dokter. Jangan oleskan obat antikutu pada mukosa mata, bibir, atau kemaluan karena akan menyebabkan iritasi. Kutu kemaluan dapat menular pada orang lain, jadi hindari kontak fisik berlebih untuk mencegah penularan.

Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek ini dipercaya bisa menyembuhkan gatal dalam waktu 2-4 minggu pemakaian. Namun, meski bisa sembuh dengan cepat (kurang dari dua minggu), disarankan untuk terus menggunakan obat tersebut selama satu sampai dua minggu. Pada penderita kondisi tertentu yang mengeluhkan gatal di selangkangan seperti pada penderita diabetes atau obesitas, gula darah dan berat badan perlu dikontrol untuk menunjang penyembuhan pada kulit.

Untuk penggunaan antikutu, jika kutu masih sulit dibasmi atau keluhan menetap setelah penggunaan obat salep antikutu sebanyak dua kali, Anda disarankan untuk kembali berkonsultasi ke dokter. Nah, jika infeksi gatalnya menyebar luas, sulit diobati, atau menimbulkan radang, ada obat gatal di selangkangan yang lebih kuat, yaitu itrakonazol atau terbinafine

Hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengobati jamur di selangkangan antara lain:
  1. Menerapkan krim atau salep antijamur pada daerah kulit yang terkena sesuai anjuran dokter. 
  2. Jangan menggunakan obat salep antigatal secara sembarangan, misalnya saja krim anti-gatal seperti hidrokortison (steroid cream) yang malah akan membuat jamur kulit menjadi lebih subur dan penyakit semakin memburuk. 
  3. Cuci daerah yang terkena dengan sabun dan air hangat.
  4. Keringkan daerah yang terkena secara menyeluruh setelah mandi dan olahraga.
  5. Berganti pakaian, terutama celana setiap hari.
  6. Pakailah pakaian katun yang longgar

Jika gejala tidak membaik setelah dua minggu perawatan, Anda harus kontrol ulang ke dokter. Siapa tahu ada infeksi sekunder yang membuat penyakit menjadi lebih buruk sehingga memerlukan pengobatan tambahan. Jika diperlukan dokter akan meresepkan obat antijamur yang lebih kuat, seperti:
  • ekonazol, obat jamur topikal (krim)
  • oxiconazole, obat jamur topikal (krim)
  • itrakonazol, obat jamur oral atau minum
  • flukonazol, obat jamur oral atau minum

Obat antijamur oral dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan, seperti sakit perut dan sakit kepala. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami efek samping ini, pastikan untuk membicarakannya dengan dokter agar diberikan solusi yang tepat.

Selanjutnya...

Demikian sedikit penjelasan mengenai masalah gatal kemaluan, berikut rekomendasikan Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek dengan memberikan solusi untuk anda menggunakan obat gatal pada kemaluan wanita secara alami berikut ini

SEMUA PENYAKIT PASTI ADA OBATNYA !

OBATI GATAL ANDA DENGAN OBAT HERBAL KAMI  !!!

Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita Herbal

LAYANAN KONSULTASI DAN PEMESANAN

082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)




Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita De Nature

Lakukan segera pengobatan sekarang juga..!!! Anda tidak usah khawatir akan adanya gatal yang sekarang masih menempel ditubuh anda karena kami De Nature Indonesia telah memiliki Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita Tradisional yang sangat efektif dan merupakan obat yang ampuh mengobati gatal di  sekitar kemaluan pria maupun wanita. 

Obat gatal kami pun tergolong obat yang aman karena obat kami berbahan herbal alami resep tradisional dan telah terdaftar di BPOM dan Dinkes jadi tidak usah khawatir akan keadaan obat kami. Selain itu dalam pembuatannya pun didampingi oleh tenaga ahli yang handal dan herbalis berpengalaman. Berikhtiarlah menggunakan obat kami, Insyaalloh penyakit yang anda derita akan kunjung sembuh.

 

Kami DE NATURE INDONESIA

Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek
Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek

Ampuh Menyembuhkan Gatal Dalam Waktu Singkat

Hanya Rp. 295.000,- (belum termasuk ongkir)



Khasiat: Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita De Nature

Mengobati gatal-gatal pada kulit, eksim, bisul, kudis, kurap, gatal akibat alergi dan jamur pada kulit dan gatal jenis lainnya.

Untuk kapsul bersih darah, fungsinya untuk membersihkan darah kotor dari dalam sehingga jamur atau bakteri yang di sebabkan oleh eksim, kurap, maupun penyakit kulit yang lain bisa terbuang atau dibersihkan dari dalam tubuh kita. Dan untuk salepnya adalah obat luar yang berfungsi untuk menyembuhkan atau mengeringkan penyakit kulit yang anda alami. Dengan perpaduan pengobatan dari luar dan dalam, Insya Allah penyakit anda akan sembuh secara maksimal.

 

KEPUASAN PELANGGAN ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI

Costemer Servis De Nature Indonesia

“ Melayani Sepenuh Hati “

Salep Gatal di Buah Zakar di Apotik Umum


Demikianlah beberapa Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek sebagai referensi/informasi untuk anda. Sebelum anda menggunakan dan mengkonsumsi obat-obatan kimia, cobalah untuk memanfaatkan bahan tradisional untuk mengatasi pertumbuhan jamur dan menghilangkan rasa gatal.

Artikel terkait tentang daftar 5 nama obat gatal pada kemaluan pria di apotik, daftar nama obat gatal pada kemaluan pria di apotik paling ampuh, tablet obat gatal gatal selangkangan di apotik resep dokter, gatal pada ujung kemaluan pria penyebab dan merk obatnya, semoga bermanfaat.

Segera Hubungi Kami
Obat Gatal pada Kelamin Pria dan Wanita di Apotek untuk Anda
082221132221 (Call/SMS)
085743333181 (WhatsApp)

Share This Post :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Dokter Spesialis Kulit. De Nature Indonesia